Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Kahlil Gibran

Megapedia.my.id - Kahlil Gibran adalah salah seorang penyair besar di dunia. Kahlil Gibran dikenal sebagai seniman pemberontak sastra dan politik, gaya romantisnya berada di jantung Renaissance dalam sastra Arab modern, khususnya puisi prosa. Penyair ini mulai dikenal oleh masyarakat dunia sejak menerbitkan buku The Prophet pada 1923.



Pria kelahiran Libanon, 6 Januari 1883 ini telah melahirkan banyak  karya sastra yang sangat fenomenal di seluruh dunia. Awalnya, sebagian besar tulisan-tulisan Gibran menggunakan bahasa Arab, namun pada 1918 akhirnya berhasil diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Selain itu, pria yang selalu menghasilkan tulisan-tulisan indah ini juga dikenal sebagai seorang pelukis dengan gaya romantis dan simbiolis.

 

Gibran meninggal di New York City pada 1931 yang disebabkan karena penyakit sirosis hati dan TBC. Meskipun telah tiada, namun karya-karyanya hingga kini masih terus dibaca dan telah menginspirasi bagi banyak orang. Berikut kata-kata bijak Kahlil Gibran tentang cinta yang dilansir dari goodreads:


Kata Bijak Kahlil Gibran tentang Kehidupan

 

. “Arti penting manusia bukan terletak pada apa yang dia peroleh, melainkan apa yang sangat ia rindukan untuk diraih.” 2. “Ketika Anda mencapai jantung kehidupan, Anda akan menemukan kecantikan dalam segala hal, bahkan pada mata yang buta akan keindahan.”

1. Hakikat cinta adalah rintihan panjang yang dikeluhkan oleh lautan perasaan kasih sayang. Ia adalah cucuran air mata kesedihan langit pikiran. Ia adalah senyuman ceria kebun-kebun bunga cinta.

2. Setelah kami dewasa, cinta tumbuh di antara kami sampai menjadi pemilik mutlak, yang kami layani dengan kasih sayang dari kedua hati kami. Cinta menghela kami kepadanya, dan kami memuliakan jiwa kami yang paling dalam, dan cinta merangkul kami.

3. Tak ada yang lebih indah daripada hari-hari yang dinaungi cinta. Dan tak ada yang lebih menyakitkan, daripada malam-malam penuh ketakutan, karena ditinggalkan kekasih.

4. Cinta bukanlah kelemahlembutan atau kemurahan hati, atau apa saja dari kebaikan-kebaikan yang diberikan atau tidak diberikan dengan panjang lebar. Cinta adalah membagi, memahami, memberikan kebebasan, menjawab panggilan dan Cinta adalah kehidupan.

5. Di dalam cinta dan kedunguan, setiap akal lelaki menjadi raja, dan hati setiap wanita menjadi dukun.

6. Kemurahan hati berarti memberikan sesuatu lebih dari yang kamu bisa, dan kebanggaan adalah mengambil lebih sedikit dari yang kamu perlukan.

7. Cinta kasih di dalam hati itu terbagi-bagi bagaikan dahan-dahan pohon cedar. Jika pohon itu kehilangan satu dahan yang kuat, ia akan menderita namun tidak mati. Pohon itu akan menumpahkan seluruh daya hidupnya ke dalam dahan berikutnya, sehingga ia akan tumbuh dan mengisi tempat yang kosong.

8. Sepanjang masa mudaku, cinta menjadi guru. Saat umurku separuh baya, cinta menjadi penolongku. Dan, ketika tua nanti, cinta akan menjadi kesenanganku.

9. Cinta adalah anggur yang dihidangkan oleh pengantin perempuan waktu fajar, yang menguatkan jiwa-jiwa teguh dan memungkinkan mereka menuruni bintang gemintang.

10. Di dalam manisnya persahabatan, ada canda tawa, dan kebahagiaan. Karena dari satu titik hal kecil, hati menemukan permulaannya dan disegarkan.

11. Kasih, api cinta itu turun dari langit dalam berbagai bentuk dan rupa, namun pengaruh mereka di dunia adalah satu.

12. Kata - kata itu adalah suatu nyanyian surgawi yang berawal dari pujian dan berakhir dengan kesedihan.

13. Terpujilah cinta yang mampu mengisi kesepian manusia, dan mengakrabkan hatinya dengan manusia lain.

14. Kehidupan sehari-hari anda adalah tempat ibadah dan agamamu. Ketika kamu memasukinya, masuklah dengan seluruh hati dan jiwamu.

15. Kura-kura dapat memberi tahu lebih banyak tentang jalan daripada kelinci.

16. Cintaku padamu, wahai kekasih, akan tetap ada hingga akhir hidupku, dan setelah mati Tangan Tuhan akan mempersatukan kita kembali.

17. Tak ada satu kekuasaan pun di alam ini yang mampu merampas kebahagiaanku. Karena kebahagiaan ini memancar dari rengkuhan dua jiwa yang dipadukan oleh saling pengertian, dan dipayungi oleh cinta kasih.

18. Jiwaku menderita karena perpisahan, tetapi kembali terhibur oleh cinta.

19. Cinta tak memberikan apapun, kecuali keseluruhan dirinya, utuh penuh, dia pun tak mengambil apa-apa, kecuali dari dirinya sendiri. Cinta tak memiliki ataupun dimiliki karena cinta telah cukup untuk cinta.

20. Jangan mengira cinta datang dari keakraban yang lama dan karena pendekatan yang tekun. Cinta adalah kecocokan hati dan jika itu tak pernah ada, cinta tak akan pernah ada.

21. Cinta yang hadir di antara kenaifan dan kebangkitan anak-anak muda memuaskan cintanya dengan rasa saling memiliki, dan cintanya mekar dalam pelukan-pelukan mesra.

22. Iman adalah sebuah mata air di dalam hati yang tidak akan pernah dicapai oleh kumpulan pemikiran apapun.

23. Sedikit pengetahuan yang dirubah dalam tindakan jauh lebih bernilai daripada banyak pengetahuan tapi hanya diam.

24. Ketika kita pergi ke orang lain untuk berkonsultasi, kita mengurangi jumlah musuh kita.

25. Cinta akan diri sendiri, menghasilkan kecongkakan buta, dan kecongkakan menciptakan kesukuan, dan kesukuan membangun kekuasaan, dan kekuasan penyebab penaklukan dan penindasan.

26. Anda hanya memberi sedikit ketika anda memberikan harta bendamu. Itulah yang terjadi ketika anda tau bahwa anda benar-benar memberi.

27. Keindahan sejati terletak pada keserasian spiritual yang diberi nama cinta. Yang dapat bersarang di antara seorang lelaki dan seorang wanita.

28. Janganlah menangis, Kekasihku. Cinta tercipta untuk membuat mata-mata kita dan menjadikan kita pelayannya, agar kita mendapat anugerah kekuatan dan ketabahan. Hentikan airmatamu, karena kita telah mengangkat sumpah.

29. Cinta yang tak lain adalah Tuhan akan menerima aroma nafas dan air mata kita seakan-akan ia adalah kepulan asap dupa, dan memberi pahala kepada kita sebagaimana mestinya.

30. Bunga-bunga padang adalah anak-anak kasih semesta alam, dan anak-anak manusia adalah bunga-bunga cinta dan kasih sayang.

31. Lihatlah diriku, sebuah kata yang maknanya samar-samar dan membingungkan, kadangkala tak bermakna, kadangkala bermakna banyak hal.

32. Sahabatmu adalah kebutuhan jiwamu yang terpenuhi. Janganlah ada tujuan lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya jiwa.

33. Kecantikan bukan berada pada raut wajah, dia terpancar bagai serunai sinar dari dalam hati.

34. Para guru yang bijaksana tidak menawari Anda untuk masuk ke dalam rumah kebijaksanaan, melainkan membawakannya ke ambang pikiran Anda.

35. Kalian berdiam disaat kesulitan dan membutuhkan, alangkah baiknya kalianpun berdoa dipuncak kegirangan.

36. Cinta adalah cahaya gaib yang dipancarkan dari inti yang membakar jiwa dan menyinari sekeliling bumi. Sehingga memungkinkan kami merasa hidup laksana mimpi indah di antara keterjagaan yang satu dengan yang lain.

37. Aku mencintai kekasihku, sebelum kita berdekatan, sejak pertama kulihat engkau. Aku tahu ini adalah takdir. Kita akan selalu bersama dan tidak akan ada yang memisahkan kita.

38. Kita memilih kebahagiaan dan kedukaan kita sendiri jauh sebelum kita mengalaminya.

39. Bangunlah pada pagi hari dengan sayap hati mengepak, dan bersyukurlah atas datangnya satu lembar hari yang penuh kasih.

40. Cinta adalah seorang tuan rumah yang penuh kasih sayang kepada para tamunya, walaupun bagi rumahnya yang tak diharapkan merupakan sebuah khayalan dan penghinaan.

41. Cinta tidak akan pernah diketahui kedalamannya sampai merasakan jam-jam perpisahan.

42. Cinta berlalu di depan kita, terbalut dalam kerendahan hati, tetapi kita lari darinya dalam ketakutan, atau bersembunyi di dalam kegelapan, atau yang lain mengejar, untuk berbuat jahat atas namanya.

43. Cinta membuka mataku dengan keindahannya, dan membeli jiwaku dengan kehangatan jemarinya.

44. Cinta turun ke dalam roh kita melalui kehendak Tuhan, dan bukan melalui kemauan manusia sendiri.

45. Haruskah kita semua mengakui dosa kita satu sama lain, kita semua akan saling tertawa karena kurangnya orisinalitas.

46. Kemurahan hati tidaklah memberikanku sesuatu yang lebih aku butuhkan daripada kamu.

47. Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti.

48. Orang yang paling pantas dikasihani adalah dia yang mengubah mimpi-mimpinya menjadi emas dan perak.

49. Kita hidup hanya untuk menemukan keindahan. Yang lainnya adalah bentuk penantian.

50. Perempuan yang dianugerahi keindahan jiwa dan raga adalah sebuah kebenaran nyata yang bisa kita pahami hanya dengan cinta, dan bisa kita sentuh hanya dengan kesucian.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]