Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

Pulau Bacan Halmahera



Megapedia.my.id - Alam Halmahera Selatan, terutama Pulau Bacan memang tak ada duanya. Kesejukan alami ini bisa traveler nikmati di Sungai Barangka Dolong. Yuk, ke sini!

Sungai besar tak selamanya memiliki air yang keruh dan berwarna coklat. Contohnya sungai yang satu ini, benar-benar membangkitkan gairah sensasi yang tajam. Kenapa?


Saat mendekati bibir sungai dinginnya mulai terasa, sebaiknya jangan terburu-buru menceburkan diri atau langsung menyelam karena dijamin Anda akan menggigil gemetar karena dinginnya air yang ada di sungai ini.


Destinasi yang satu ini tak asing lagi bagi warga pulau Bacan, Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, sebuah kabupaten di timur Indonesia yang pernah booming dengan batu akiknya, batu Bacan.


Kini batunya mulai redup, maka airnya mulai bangkit menebarkan sensasi bagi para penggila healing. Barangka Dolong, warga lokal menyebutnya.

"Barangka" artinya sungai yang tidak dialiri air. Sedangkan "Dolong" adalah sangat dalam yang ada hanya batu kali atau bebatuan yang besar. Sehingga Barangka Dolong memiliki makna Sungai Besar yang tidak memiliki air.


Tetapi ternyata sungai ini memiliki debit air dengan volume yang besar. Tapi tidak perlu heran dan bingung pemberian nama destinasi ini, sebab apalah arti sebuah nama jika maknanya tak akan menggaggu jadwal healing kita.


Sungai ini letaknya berada di desa Kampung Makeang, sebuah desa yang hingga saat ini masih tetap merawat kearifal lokal yang sangat kental, sehingga air di sungai inipun masih terjaga dengan baik.


Sumber mata air berada di pegununungan yang mengalir melewati tiga desa menuju ke laut. Airnya yang jernih dan dingin serasa langsung diminum tanpa mesti melewati proses sterilisasi.


Meskipun sungai ini belum didesain layaknya sebuah destinasi wisata, tetapi saat weekend banyak pengunjung yang datang menikmati sensasi air di sungai ini.


Mereka mandi dan menyelam, serta melakukan aktivitas wisata lainnya. Karena akses menuju ke sungai ini cukup mudah dan gratis, hingga sekarang belum dipungut bayaran oleh pihak desa.


Jika berkunjung ke Halmahera Selatan, khususnya di pulau Bacan, destinasi wisata Barangka Dolong bisa menjadi target Anda melepas penat setelah menempuh perjalanan panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]