Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

 

Masjid Raya Bandung
Masjid Raya BandungBandung merupakan kebanggaan warga Bandung dan sekitarnya. Selain bersejarah dan megah, masjid ini telah menjadi landmark dan penyeimbang segala aspek kehidupan bermasyarakat bagi warga ibukota Jawa Barat tersebut.

Bangunan yang tampak saat ini merupakan hasil pembangunan kembali pada awal 2006 lalu. Renovasinya termasuk penataan ulang alun-alun Kota Bandung dan taman kota. Sepanjang sejarahnya, masjid ini telah berkali-kali diubah. Pada abad ke-19 saja dilakukan tiga kali perombakan, kemudian lima kali pada abad ke-20, dan terakhir satu kali renovasi besar- besaran di abad ke-21.

Sejumlah ahli sejarah menyatakan Masjid Raya Bandung didirikan pada 1812 dengan bentuk bangunan panggung tradisional yang sederhana, bertiang kayu, berdinding anyaman bambu, beratap rumbia, dan dilengkapi sebuah kolam besar sebagai tempat mengambil wudhu.
Sumber lain menyatakan bahwa Masjid Raya Bandung dibangun bersamaan dengan pembangunan Pendopo Kabupaten Bandung di selatan alun-alun yang diresmikan pada 25 September 1810. Sebuah pendapat berdasar mengingat masjid raya, alun- alun, dan pendopo kabupaten merupakan salah satu elemen pusat kota tradisional di masa Hindia Belanda, sebagai simbol religiusitas pemerintahan dan masyarakat serta sebagai pusat keagamaan kota.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]